Home / Daerah

Senin, 1 Mei 2023 - 08:46 WIB

Basarnas Siagakan 1 Helikopter Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran

 

Lampung Selatan – Deputi Operasi dan Siaga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Laksamana Muda Ribut Eko S memantau situasi beberapa lokasi wisata via udara, Minggu (30/4/2023).

Dalam pantauan udara itu, Deputi Operasi dan Siaga Basarnas didampingi Ketua Basarnas Provinsi Lampung Deden, Direktur Agus Haryono selaku Direktur Kesiap Siagaan Basarnas Agus Haryono dan 3 orang perwakilan media.

Helikopter Basarnas berkode Hotel Romeo 3604 diawaki Kapten Mayor Hendrik dan kopilot Letda Dito, berangkat dari Helipad Dermaga 4 Pelabuhan Bakauheni melakukan pantauan mulai rest ares Tol JTTS hingga kawasan wisata Pantai Mutun, Pesawaran.

Sekembalinya dari pantauan udara, Deputi Operasi dan Siaga Basarnas Laksamana Muda Ribut Eko S menerangkan, pihaknya mengerahkan 150 personel untuk siaga pada arus mudik dan balik lebaran 1444 H tahun 2023.

Baca Juga  Presiden Jokowi Didampingi Sejumlah Menteri dan Pj. Gubernur Samsudin Kunjungan ke RSUD Alimuddin Umar

“Khususnya di Bakauheni, kita tetap seluruh kantor pencarian dan pertolongan ini mengerahkan seluruh kekuatannya kurang lebih 150 itu siaga, ditambah penguatan dari dispersi kita dari kantor pusat yaitu 1 helikopter standby disini,” kata Ribut Eko S, di Helipad Dermaga 4 Pelabuhan Bakauheni, usai tinjauan udara.

Ribut Eko S melanjutkan, penyiagaan helikopter tak hanya di Pelabuhan Bakauheni saja melainkan di beberapa lokasi lainnya.

“Ini atas arahan Kepala Badan SAR Nasional, 1 helikopter standby disini 1 lagi di Kalikangkung, masih ada 3 stanby,” sambungnya.

Menurutnya, sejauh ini belum ada laporan terkait adanya peristiwa atau hal-hal yang memerlukan penanganan tim Basarnas yang terjadi di kawasan wisata yang ada di Bakauheni.

Baca Juga  Karpet Merah 2 Perusahaan Tambang di Luar Lampung Kelola Silica Bernilai Triliunan di Pringsewu

“Daerah Bakauheni untuk daerah wisata belum ada, ya karena mungkin beda dengan yang di Jawa ya. Seperti kemarin di Parangtritis kemudian di daerah Pangandaran, itu titik masuk pantai sudah crowded tapi Alhamdulillah kita minimize semua,” urai Ribut Eko S.

Semua potensi peristiwa bisa diminimalisir berkat kinerja mulai dari relawan, Pramuka, SAR, TNI-Polri, Pemerintah Daerah yang sudah memberikan himbauan kepada masyarakat.

“Ya. Itulah wujud bahwa negara, pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat menjabarkan apa yang diperintahkan oleh Presiden kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat kita,” timpal Ribut Eko S.

Di penghujung, Basarnas berharap selama arus mudik dan balik di Pulau Sumatera berjalan lancar.

Baca Juga  Masyarakat Lima Keturunan Bandardewa Minta Pemkab Ukur Ulang Lahan PT HIM

“Ya salah satunya hari ini, saya melihat langsung dari pantauan udara teman-teman media juga bisa melihat langsung. Kita melihat data dan fakta di lapangan, ya mudah-mudahan doa kalian semua,” tandasnya.(Nd)

Share :

Baca Juga

Daerah

Mak Ganjar Bangun Sumur Bor yang Dinantikan Warga Desa Puluhan Tahun di Lampung Timur

Daerah

Diduga Langgar HGU, Lima Keturunan Adat Bandar Dewa Duduki Lahan PT HIM

Daerah

40 Anggota DPRD Pesawaran Periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Achmad Rico Julian Jabat Ketua Sementara

Daerah

Kejati Diminta Bongkar Dugaan KKN di Disdik Tanggamus

Daerah

Pemkab Pringsewu Sabet Dua Penghargaan GTTGN XXV 2024

Daerah

Gamapela Laporkan Dugaan Pungli Perizinan DPMPTSP Tanggamus

Daerah

Pejabat Pringsewu Sudah Cawe-cawe Soal izin Tambang Pejabat Pemrov Masih Pilih Bungkam

Daerah

Pj Gubernur Lampung Tinjau Jalan Inpres Penumangan -Tegal Mukti