Home / Bandar Lampung

Kamis, 24 Juni 2021 - 06:51 WIB

BNN Lampung Minta Pemkot Sediakan Rehabilitasi Rawat Inap Pecandu Narkoba

Bandar Lampung-Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Lampung, Brigjen Pol Drs Jafriedi meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung untuk sediakan tempat rehabilitasi pecandu narkoba di rumah sakit yang ada di Bandar Lampung.

“Karena saat ini rumah sakit kota dan provinsi belum ada yang melakukan rehabilitasi rawat inap, seharusnya ada,” kata Brigjen Pol Drs Jafriedi, M.M, Rabu (23/6).

Ia menyampaikan, karena hal tersebut bisa menyebabkan ketidak sempurnaan proses rehabilitasi sehingga kemungkinan pasien rehabilitasi kembali kecanduan lagi bisa lebuh besar.

“Seharusnya 10 persen operasional rumah sakit itu diperuntukan untuk rehabilitasi pecandu narkoba rawat inap, itu berdasarkan aturan,” katanya.

Tercatat dalam data yang disebutkan oleh Jafriedi bahwa jumlah penyalahguna narkoba di Provinsi Lampung adalah sebanyak 31.811 orang

Baca Juga  DPRD  Bentuk Fraksi, Persiapan Penyusunan Tatib dan Pembagian AKD Dimulai

“Menurut penelitian dari LIPI dan BNN penyalahguna di Lampung sebanyak 31.811 orang, dan ini sebagian besar ada di Bandar Lampung,” ucapnya.

Ia juga meminta camat, lurah, serta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk bekerja secara sinergis dan masif untuk memberantas narkoba.

“Kalau tidak sinergis memberantas narkoba kita akan lost generasi. Sedangkan sekarang ini jamannya pembangunan SDM, kita butuh SDM yang gangguh kreatif dan inovatif karena beberapa tahuh kedepan akan ada lompatan teknologi,” paparnya.

Pembangunan SDM yang bebas dari narkoba juga disampaikan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024, dengan nama program secara umum yaitu Lampung Bersinar.

Baca Juga  HUT ke 3 Tahun, GML Lampung Diminta Terus Jaga Kekompakan

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana menerima saran ini secara positif dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga anak-anak dari pergaulan bebas

“Anak-anak kita juga harus kita perhatikan karena kita tidak tahu anak-anak remaja sekarang bagaimana, dengan adanya sosialisasi ini, semoga Kota Bandar Lampung bisa menekan kasus narkoba lebih baik lagi,” katanya. (Yen)

Share :

Baca Juga

Bandar Lampung

Generasi Muda Wajib Tanamkan Nilai Pancasila

Bandar Lampung

Proyek Penyekatan Gedung DPRD Bandar Lampung Senilai 9,9 Miliar Terindikasi KKN

Bandar Lampung

DPRD Minta Disdik Bandar Lampung Lanjutkan Pembangunan Gedung SMPN 40

Bandar Lampung

50 Anggota DPRD Bandar Lampung Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Bandar Lampung

DPRD Bandar Lampung Dukung Pemkot Segel Angels Wing

Bandar Lampung

Aksi Borong Kamar Hotel Buat Gaduh, Gamapela Minta Jabatan Kepala Kemenag Dicopot

Bandar Lampung

Ketua DPRD Wiyadi Temui Tokoh Agama dan Masyarakat Terkait Insiden Gereja Kemah Daud Rajabasa

Bandar Lampung

Sistem Kepengurusan Diduga Bobrok, Sakral Minta APH Audit Anggaran Pengprov Tekwondo Lampung