Home / Bandar Lampung

Rabu, 21 Februari 2024 - 18:38 WIB

Waduh, Gudang Dermala di Way Lunik Diduga Tak Miliki Sertifikat GMP+

 

 

Bandar Lampung- Warga Kelurahan Way Lunik, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung mengeluhkan adanya aktivitas bongkar muat bungkil yang berada di Gudang Dermala, yang terdapat di kelurahan Way Lunik.

Bukan hanya itu, gudang tersebut juga diduga belum mengantongi sertifikat izin ekspor-impor atau sertifikat GMP+ (Good Manufacturing Practice) dari pihak karantina.

Pasalnya, aktivitas bongkar muat tersebut membuat debu bungkil masuk ke rumah warga dan mengganggu serta menimbulkan penyakit bagi warga.

Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan, keluhan debu ini dirasakan warga sekitar gudang sudah sejak lama. Dan warga yang tinggal di sekitar perusahaan juga telah mengadu kepada pihak gudang namun sampai saat ini juga belum ada reaksi dari pihak gudang.

Baca Juga  Jaga Netralitas ASN di Pilwalkot 2024, Wali Kota Sambangi Bawaslu

“Kami disini merasakan dampak aktivitas gudang ini, debunya sangat menggangu kami, kami khawatir warga terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA),” keluh-kesahnya kepada wartawan.

Selain itu juga diduga Gudang Dermala tidak mengantongi izin ekspor-impor atau tidak memiliki sertifikat GMP+ (Good Manufacturing Practice). Dimana, Gudang Dermala melakukan kegiatan eekspor-impor pakan ternak. Dan sertifikat GMP+ adalah merupakan standar kualitas untuk produsen pakan.

Sementara itu, saat dikonfirmasi dugaan hal tersebut, Kepala Gudang Dermala Panjang, Ahmad Riyanto, mengaku jika selama ini perusahaan atau gudang mereka tidak ada masalah dan kegiatan ekspor-impor tetap berjalan lancar. “Saya ini sebetulnya tidak ada wewenangnya, tapi soal izin sertifikat itu nanti saya coba koordinasi dengan pusat, tapi selama ini kami tidak ada masalah dengan kegiatan ekspor-impor kami,” jelasnya.

Baca Juga  DPRD Bandar Lampung Setuju Pemkot Copot 5 Kepala Puskesmas Karena Plesiran ke Luar Negeri

Disinggung, jika tidak ada sertifikat GMP+ tersebut apakah menurut bapak tidak ada masalah, tidak ada pelanggaran dalam usaha ekspor-impor bahan pakan? Menurut dia, “Selama ini kami ke mana-mana pun nggak ada masalah, yang jelas setau saya ya seperti itu, tapi nanti saya coba lapor sama atasan dulu di pusat,” katanya.(Tm)

Share :

Baca Juga

Bandar Lampung

Gubernur Akan Tebar Benih Ikan dan Berikan Bantuan Mobil Operasional di HUT LPM ke-22 

Bandar Lampung

Pemprov Lampung Raih Penghargaan dalam Ajang Anugerah Reksa Bandha

Bandar Lampung

Yayasan Elang Merah Kirim 40 Anggota Ikut Amankan Muktamar NU

Bandar Lampung

Dewan Desak Walikota Bandar Lampung Kaji Ulang Banyaknya Pejabat Rangkap Jabatan

Bandar Lampung

Bakal Jadi Penyebab Banjir, Warga Gedong Air Minta Pembangunan Perumahan Lotus Dihentikan

Bandar Lampung

Perumahan Indah Sejahtera Golf Residence Ngotot Tolak Berikan Jalan yang Jadi Akses Empat Sekolah

Bandar Lampung

Fandi Tjandra Minta Orang Tua Ajarkan Ideologi Pancasila kepada Anak

Bandar Lampung

DPRD Kota Bandar Lampung Akan Panggil Dinas Pendidikan Terkait Koperasi Betik Gawi